Wednesday 16 September 2015

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Berat badan merupakan hal yang sangat penting bagi seorang wanita, terutama pada kalangan remaja. Asumsi bahwa jika seseorang kelebihan berat badan maka akan terlihat jelek atau tidak menarik semakin membuat seseorang akan berusaha untuk terus menjaga kondisi berat badan, tak jarang berbagai usaha kerap dilakukan oleh sekelompok guna mengurangi berat badan, khususnya bagi seseorang yang telah merasa bahwa dirinya mengalami kenaikan berat badan (obesitas). Obesitas merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kegemukan, dan hal ini dapat berdampak tidak baik bagi tubuh. Seseorang dapat dikatakan obesitas apabila indeks masa tubuh (IMT) lebih dari 30 kg/m2. Indeks massa tubuh dapat diketahui dengan rumus (berat badan) dalam kg / (tinggi badan)2 dalam meter.

Obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit, diantaranya jantung, diabetes, dan asma. Selain berdampak pada kesehatan, obesitas atau kelebihan berat badan ini juga berdampak negatif bagi seseorang yang tidak ingin terlihat lebih gemuk, tak hanya dikalangan wanita, kondisi berat badan juga sangat diperhatikan seorang pria terlebih seorang olahragawan. Seseorang dengan kelebihan berat badan secara psikologis juga dapat terganggu, sebab dapat menurunkan rasa percaya diri yang terkadang dapat membuat minder atau malu untuk menampakkan diri dan bergaul dengan lingkungan, sehingga menyebabkan dirinya lebih senang untuk menyendiri. Ketika seseorang menyendiri akan banyak hal yang difikirkannya, dapat berupa tindakan positif maupun tindakan negatif. Tindakan positif yang dapat dilakukan dapat berupa memikirkan jalan keluar guna menurunkan berat badan dengan rasa optimisme, namun sebaliknya ketika tindakan negatif yang dilakukan dapat merugikan diri sendiri, seperti sikap acuh tak acuh dan semakin memperburuk keadaan dengan menghilangkan stress dengan makan makanan kesukaan seperti cokelat, susu, roti, cemilan-cemilan tidak sehat yang akan semakin menambah berat badan. Asumsi ini yang sering digunakan guna menghilangkan stress, tindakan ini merupakan suatu tindakan yang tidak baik, sebab dalam makanan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi akan menjadi tumpukan lemak bagi tubuh, sehingga akan memperburuk keadaan bahkan membuat tubuh semakin obesitas atau kelebihan berta badan.

Berbagai upaya ditempuh guna mengurangi berat badan, bagi sebagian orang hal ini tidak dapat dilakukan secara instan dan harus dilakukan dengan berbagai tahapan. Melakukan berbagai aktivitas sehingga mengeluarkan keringat merupakan salah satu upaya kecil yang sering dilakukan. Saat kita beraktivitas yang membutuhkan energy, karbohidrat didalam tubuh secara otomatis akan terbakar dengan mengeluarkan kelenjar keringat dari dalam tubuh. Proses pembakaran secara terus menerus didalam tubuh dapat mengurangi karbohidrat yang telah menjadi lemak. Untuk itu dengan terus melakukan aktivitas-aktivitas positif dapat membantu dalam mengurangi berat badan dan menghilangkan kebiasaan negatif seperti menimbun lemak didalam tubuh dengan asumsi menghilangkan stress, yaitu tidur berlebih setelah mangonsumsi makan-makanan yang tidak sehat atau mengandung karbohidrat tinggi.

Berat badan berlebih dapat dicegah dengan berbagai cara, diantaranya sebagai berikut:

–         Makan dengan porsi cukup (berhenti sebelum kenyang).
Opini sebagian orang dalam mengartikan cukup sangatlah luas, ketika seseorang merasa kenyang namun ia dapat mengatakan bahwa ia belum belum merasa cukup, padahal dengan merasa kenyang hal tersebut sudah berarti cukup untuk kapasitas perutnya. Hal ini dkatakan nafsu yang berlebih, penting untuk kita menjaga nafsu tersebut agar tidak menjadi berlebihan sehingga dapat mencegah kelebihan berat badan.
–         Hindari tidur setelah makan.
Kebiasaan tidur setelah makan adalah hal yang lumrah terjadi dan sangat nikmat bila dikerjakan, bagaimana tidak, kondisi ketika perut terasa nyaman setelah makan membuat istirahat semakin terasa relax. Hal ini merupakan kebisaan buruk yang harus dihindari karena dapat menyebabkan  penimbunan lemak sehingga menambah berat badan.
–         Katakan tidak pada cemilan sebelum tidur.
Cemilan atau sering disebut dengan makanan ringan tinggi kalori memang akan tampak ringan sebelum dikonsumsi, namun tanpa disadari akan menjadi berat setelah dikonsumsi, hal ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari sebab kalori yang akan didapat akan semakin menumpuk, terlebih hal ini dilakukan sebelum tidur karena tidak ada aktivitas yang akan dialakukan sehingga menyebabkan penimbunan lemak di dalam tubuh.
–         Stop bangun kesiangan.
Pada umumnya, begadang tanpa alasan yang tepat adalah hal yang sering dilakukan setiap orang hingga menyebabkan bangun kesiangan di esok hari atau menjadi tidur berlebih. Jika hal ini terjadi, maka hilangkanlah kebiasaan begadang tanpa alasan dan segera bangun pada pagi hari kemudian berolahraga ringan. Hal ini tentunya akan lebih bermanfaat dan dapat mencegah kegemukan.
Dengan mempraktekkan upaya pencegahan diatas, maka kegemukan (obesitas) tidak akan terjadi dan tubuh dapat selalu tampak ideal. Namun, apabila obesitas atau kegemukan telah terjadi ada beberapa cara menurunkan berat badan secara alami tanpa mengonsumsi obat-obatan yang dapat dilakukan, yaitu :
–         Olahraga teratur
Olahraga merupakan salah satu aktivitas guna melatih tubuh seseorang agar tetap bugar dan sehat, bagi seseorang dengan kelebihan berat badan olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk menurunkan berat badan, sebab dengan berolahraga dapat mengeluarkan keringat sehingga kalori atau lemak didalam tubuh dapat terbakar hingga menjadi energi. Olahraga yang dapat dilakukan seperti berenang, sit up, push up, dan lari pagi.
–         Hindari kondisi stress
Seringkali penambahan berat badan pada seseorang membuat stress, dan membuat seseorang melakukan tindakan negatif seperti yang telah dijelaskan diatas, untuk itu ketika seseorang mengalami penambahan berat badan penting untuk mengkondisikan diri agar tidak stress dan melakukan kegiatan postif lainnya seperti berolahraga.
–         Utamakan makanan berserat
Mengonsumsi makanan berserat dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sebab dalam proses penyerapan didalam tubuh makanan berserat akan diproses lebih lambat, sehingga mengutamakan makanan yang mengandung serat lebih baik untuk menurunkan berat badan.
–         Lakukan senam yoga
Senam yoga merupakan senam relaksasi sekaligus dapat untuk menghilangkan lemak pada bagian bagian yang tersembunyi.

Dalam hal penurunan berat badan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk tidak dilakukan demi sebuah ambisi menguruskan badan, yaitu tidak mengonsumsi makanan apapun dan hanya mengonsumsi air putih. Asumsi ini sering dilakukan oleh seseorang yang tidak memperhatikan kondisi tubuh hanya demi menguruskan badan. Pada dasarnya tubuh tetap membutuhkan kalori hanya saja dalam proses menurunkan berat badan kalori harus dikurangi namun dengan tidak serta merta 100% tidak mengonsumsi makanan berkalori. Semua yang dikonsumsi harus memiliki keseimbangan, agar tidak menjadi fatal bagi tubuh. Air putih hanyalah pemasukan mineral bagi tubuh, sedangkan aktivitas yang kita lakukan dalam keseharian membutuhkan energi yang cukup, meskipun cadangan dalam tubuh (lemak) akan terpakai secara maksimal namun hal ini dapat membahayakan kondisi imunitas (kekebalan tubuh). Saat melakukan upaya menurunkan berat badan keseimbangan tetap penting untuk diperhatikan.

0 komentar:

Post a Comment

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"