Friday 11 December 2015

5 Makanan Berkarbohidrat Yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan karbohidrat memang rentan terhadap naiknya berat badan. Namun menurut para ahli, bila karbohidrat yang dikonsumsi sesuai dengan porsinya, ternyata justru dapat menurunkan berat badan.

Karbohidrat merupakan salah satu faktor penting untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi karbohidrat, tubuh dapat mengontrol asupan makanan lebih sedikit serta mampu membakar banyak kalori. Selain itu, karbohidrat memberikan efek kenyang, membuat lebih semangat, dan mengurangi stres.

Namun, tidak semua karbohidrat dapat membantu menurunkan berat badan. Sumber karbohidrat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan bisa anda dapatkan dari beberapa makanan berikut ini, diantaranya adalah :

1. Pisang
Pisang merupakan sumber karbohidrat yang tinggi akan pati atau amilum (karbohidrat kompleks yang tak larut dalam air). Pisang yang matang mengandung 4,7 gram lemak flusher, sedangkan kandungan pada pisang yang belum matang sebanyak 12,5 gram. Selain itu, pisang juga mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk menekan selera makan. Sebuah pisang dengan ukuran sedang mempunyai kandungan asam amino triptofan yang kemudian diubah menjadi serotonin(suatu hormon) kimia otak. Hormon ini diketahui dapat memberikan perasaan nyaman dan tenang.

2. Oatmeal
Melibatkan oatmeal sebagai menu sarapan utama, bisa membuat anda untuk makan lebih sedikit hingga siang hari. Pada sebuah percobaan oleh para peneliti di Italia, mereka menemukan bahwa tepung dalam pasta dan roti mempunyai kalori yang sama dengan gandum/oatmeal, namun oatmeal memberikan efek pada seseorang untuk makan lebih sedikit di sepanjang harinya.

3. Kacang-kacangan dan buncis
Kacang-kacangan dan buncis menawarkan sumber karbohidrat yang juga tinggi serat. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian di Kanada yang melibatkan 1475 peserta laki-laki dan wanita. Hasil temuannya adalah, mereka yang mengonsumsi kacang dengan teratur memiliki kecenderungan berat badan yang berkurang serta mempunyai lingkar pinggang yang lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kacang-kacangan, memiliki prosentase sebesar 23% lebih kecil kemungkinannya kelebihan berat badan.

4. Kentang
Kentang merupakan sumber alami inhibitor proteinase, yakni zat kimia alami yang dapat meningkatkan nafsu makan dan hormon kenyang. Kentang mengandung serat yang tinggi dan dapat membantu anda untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Kentang dipercaya dapat menurunkan berat badan tanpa membuat anda merasa lapar sepanjang hari.

5. Beras merah
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi beras merah memiliki kadar gula 24 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang makan nasi putih. Penelitian lain menemukan jika nasi hitam atau coklat diketahui lebih sehat dan membantu mengurangi indeks berat badan, lemak tubuh, dan massa tubuh dibandingkan dengan nasi putih.

Baca juga:
Ubi Jalar Adalah Makanan Alternatif Untuk Program Diet Anda
Tomat Dapat Mengurangi Resiko Terjadinya Stroke
Tips Turunkan Berat Badan dengan Air Mentimun

0 komentar:

Post a Comment

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"